Menu Close

Pengertian, Fungsi, Tujuan Wawasan Nusantara

Soekarno menyatakan bahwa kepulauan Indonesia merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Keikutsertaan Indonesia di dalam politik luar negeri, dan memperkuat korps diplomatik untuk menjaga seluruh wilayah Indonesia. Penerapan nyata wawasan nusantara dapat dilakukan melalui cara berpikir, bersikap, bahkan berucap. Contoh penerapan wawasan nusantara sendiri dimulai dari menjadikan Pancasila sebagai falsafah dan pedoman hidup bernegara serta bermasyarakat. Cara pandang Bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya juga harus sesuai dengan ide nasional Pancasila, sebagai aspirasi suatu bangsa yang merdeka, berdaulat dan bermartabat di tengah-tengah lingkungan yang menjiwai tindak kebijaksanaan dalam mencapai tujuan perjuangan bangsa.

Keunikan wilayah dan dan heterogenitas menjadikan bangsa Indonesia perlu memilikui visi menjadi bangsa yang satu dan utuh. pertama, segala cara dihalalkan dalam merebut dan mempertahankan kekuasaan; kedua, untuk menjaga kekuasaan rezim, politik adu domba adalah sah; dan ketiga, dalam dunia politik, yang kuat pasti dapat bertahan dan menang.

pengertian wawasan nusantara

Artinya, kesatuan dan persatuan bangsa dan negara Indonesia akan tercerai-berai. Konsep ini merupakan upaya untuk menjawab tantangan-tantangan geografis yang melekat pada negara dan bangsa Indonesia. Sebagai negara yang terdiri dari ribuan pulau dan kondisi sosial budaya yang sangat beragam, tentu saja persatuan dan kesatuan menjadi faktor yang sangat penting. Dari Sabang hingga pengertian wawasan nusantara Merauke yang beragam disatukan dengan Pancasila untuk mencapai tujuan nasional. Yaitu cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkugannya yang seberagam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah. Pelaksanaan kehidupan politik yang diatur oleh undang-undang, seperti UU tentang Partai Politik, UU Pemilu, dan UU Pemilihan Presiden.

Kesetiaan menjadi tonggak utama dalam menciptakan persatuan serta kesatuan suatu negara. Rasa setia kawan atau solidaritas dapat menjadi kekuatan tersendiri untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita nasional. Menurut M. Panggabean, wawasan nusantara merupakan doktrin politik bangsa Indonesia untuk mempertahankan kelangsungan hidup NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dengan mempertimbangkan pengaruh ekonomi, geografi, demografi, teknologi dan peluang strategis lainnya.

Lalu yang terakhir adalah pertahanan dan keamanan, merupakan pengetahuan tentang pentingnya menjaga keutuhan bangsa Indonesia dari ancaman baikd dari dalam negeri maupun luar negeri. Masyarakat Indonesia hendaknya mempunyai tujuan serta kepentingan yang sama. Sebagai contoh, ketika seluruh rakyat Indonesia menginginkan kemerdekaan serta melakukan perjuangan bersama-sama untuk mengusir para penjajah. Nah, untuk kamu yang ingin memperdalam pengetahuan tentang wawasan nusantara, berikut Fimela.com akan mengulasnya lengkap beserta asas, fungsi, dan tujuannya. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini. Pandangan Indonesia tentang Hak dan Kewajiban Manusia Indonesia mempunyai kedudukan, hak dan kewajiban yang sama.

Wilayah nusantara mempunyai potensi ekonomi yang tinggi, seperti posisi khatulistiwa, wilayah laut yang luas, hutan tropis yang besar, hasil tambang dan minyak yang besar, serta memiliki penduduk dalam jumlah cukup besar. Oleh karena itu, implementasi dalam kehidupan ekonomi harus berorientasi pada sektor pemerintahan, pertanian, dan perindustrian. Perkembangan teknologi serta perkembangan masyarakat global dikaitkan dengan dunia tanpa batas yang tentu saja menjadi tantangan tersendiri untuk Wawasan Nusantara, mengingat perkembangan ini dapat mempengaruhi pola pikir, pola sikap dan pola tindak masyarakat dalam berbangsa dan bernegara. Implementasi wawasan nusantara di bidang ekonomi terdapat pada pemanfaatan kekayaan alam di indonesia sambil menjaga kelestarian lingkungan hidupnya. Kekayaan dan letak geografis Indonesia yang strategis dapat dimanfaatkan dengan maksimal untuk perekonomian negara. Berani berpikir dan bertindak hanya yang sesuai dengan fakta serta kenyataan, wajib dilakukan demi tercapainya kemajuan.

Suatu negara membutuhkan geopolitik untuk menentukan pembinaan politik nasional berdasarkan kondisi dan situasi geografis untuk mencapai tujuan negara tersebut. Indonesia sebagai negara kepulauan dan bangsa yang majemuk memiliki geopolitik tersendiri, yaitu Wawasan Nusantara. Jiwa nasionalisme dapat diwujudkan dengan selalu mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan individu dan golongan. Nasionalisme yang dimaksud bukan hanya sekedar hasil indoktrinasi yang kosong dari nilai, akan tetapi nasionalisme yang berisi pengetahuan nasional yang kuat untuk bertindak membela tanah air. Dream– Sebagai warga Indonesia yang mencintai bangsanya, sudah selayaknya kita memahami negara sendiri dari berbagai aspek. Negara Indonesia atau yang kita sebut sebagai nusantara memiliki cara pandang untuk menjaga persatuan dan kesatuan.